Kabar Musim Hujan di Jakarta, Disampaikan BMKG ZOM Perkiraan Awal hingga Akhir Tahun 2023 hingga 2023 Mendatang, Maka Bersiaplah!

Kabar Musim Hujan di Jakarta, Disampaikan BMKG ZOM Perkiraan Awal hingga Akhir Tahun 2023 hingga 2023 Mendatang, Maka Bersiaplah!

perkiraan cuaca-JillWellington/pixabay-

Rival.co.id - Kabar Musim Hujan di Jakarta, Disampaikan BMKG ZOM Perkiraan Awal hingga Akhir Tahun 2023 hingga 2023 Mendatang, Maka Bersiaplah!

Kota Jakarta terus merasakan teriknya panas, sedangkan musim hujan tampaknya masih jauh dari tiba. Warga kota metropolitan ini mungkin semakin merindukan rintik-rintik hujan yang sejuk menyapa.



adv

Namun, saat musim hujan akhirnya menjelang, permasalahan banjir yang kerap menghantui Jakarta pun muncul lagi.

Bagi penduduk ibu kota ini, penting untuk mengetahui kapan musim hujan akan datang, berapa lama musim tersebut akan berlangsung, dan kapan diperkirakan akan berakhir. Semua ini adalah langkah antisipasi untuk menghadapi potensi resiko banjir.

Baca juga: Nonton Salon Drip Season 2 Episode 9 SUB, Link Streaming Talk Show Menghibur Tinggal Klik di SINI


mg2

Baca juga: Mengapa Dana KUR BSI 2023 Tidak Dapat Secepatnya Diterima oleh Para Pelaku UMKM? Temukan Penjelasannya di Sini!

Baca juga: TIPS Dapat Uang Tambahan Melalui Aplikasi Dompet Digital, Kumpulkan Poin untuk Mendapatkan Saldo DANA Gratis hingga Rp 200 Ribu!

Untuk membantu warga Jakarta dalam persiapan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Pusat Informasi Perubahan Iklim Kedeputian Bidang Klimatologi telah merilis perkiraan musim hujan di Indonesia untuk tahun 2023-2024.

Prakiraan ini mencakup seluruh wilayah Zona Musim (ZOM), termasuk Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

Jakarta sendiri terbagi ke dalam tiga zona musim yang berbeda, yaitu ZOM BANTENDKI 13, 14, 15, dan 16, masing-masing dengan karakteristik awal musim, durasi, dan akhir musim yang sedikit berbeda.

ZOM BANTENDKI 13 meliputi sebagian wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara. Musim hujan di zona ini diperkirakan akan dimulai pada Januari 2024, mundur tiga dasarian dari musim sebelumnya.

Durasi musim hujan diperkirakan selama sepuluh dasarian, dengan puncak musim di sepanjang Februari 2024 dan berakhir pada April dasarian pertama.

Selanjutnya, ZOM BANTENDKI 14 mencakup wilayah seperti Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Musim hujan di zona ini diharapkan akan dimulai pada November 2023 dasarian kedua, dengan durasi 17 dasarian, lebih singkat satu dasarian dibandingkan dengan musim sebelumnya.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr