Cek Kalender Jawa yang Perlu Anda Ketahui, Selasa Pahing Mempunyai  Makna Mendalam Dilihat dari Apa? Coba Tebak Kebenarannya!

Cek Kalender Jawa yang Perlu Anda Ketahui, Selasa Pahing Mempunyai  Makna Mendalam Dilihat dari Apa? Coba Tebak Kebenarannya!

kalender-tigerlily713/pixabay-

Rival.co.id - Cek Kalender Jawa yang Perlu Anda Ketahui, Selasa Pahing Mempunyai  Makna Mendalam Dilihat dari Apa? Coba Tebak Kebenarannya!

Dalam sebuah sudut kecil dunia, di tengah jadwal yang padat dan rutinitas yang terus berputar, kita seringkali lupa akan kekayaan budaya yang ada di sekitar kita.



adv

Salah satu aset budaya yang menarik adalah Kalender Jawa. Besok, pada tanggal 3 Oktober 2023, Kalender Jawa akan menandai hari Selasa Pahing.

Pahing, dalam bahasa Jawa, berarti pahit, dan ini melambangkan madep, atau menghadap. Kalender Jawa, yang juga dikenal sebagai tanggalan Jawa.

Baca juga: Jadwal Liga Europa Pekan Ini, Liverpool vs Union Saint, AS Roma vs Servette, Sporting vs Atalanta, Freiburg vs West Ham, Marseille vs Brighton


mg2

Baca juga: Siapa Pandawara Group? Aksi Pemuda Viral Bersih-bersih Sampah, Kini di Tolak Kades Sukabumi, Begini Kronologinya

Baca juga: Begini Bahan Dasar Utama Buat Otak-otak khas Riau Super Lembut, Resep Rahasia Khas Bikin Makanan Melegenda

Memiliki akar sejarah yang dalam dan berakar pada sistem penanggalan yang telah digunakan oleh Kesultanan Mataram. Sistem ini didasarkan pada dua siklus, yaitu siklus hari dan siklus Selasaan.

Siklus Selasaan terdiri dari tujuh hari, mulai dari Ahad hingga Senin, yang juga dikenal sebagai saptawara. Sedangkan siklus pekan pancawara terdiri dari lima hari pasaran, yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Setiap hari pasaran memiliki makna dan posisi sikap (patrap) tersendiri dalam budaya Jawa.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr