Bersiap Weton Selasa Pahing Jatuh Pada Pada Tanggal 3 Oktober 2023, Menurut Kalender Jawa Menyatakan Akan Ada Hal Bahagia?

Bersiap Weton Selasa Pahing Jatuh Pada Pada Tanggal 3 Oktober 2023, Menurut Kalender Jawa Menyatakan Akan Ada Hal Bahagia?

kalender-tigerlily713/pixabay-

Rival.co.id - Bersiap Weton Selasa Pahing Jatuh Pada Pada Tanggal 3 Oktober 2023, Menurut Kalender Jawa Menyatakan Akan Ada Hal Bahagia?

Apakah Anda tahu bahwa besok, pada tanggal 3 Oktober 2023, Kalender Jawa menandai hari Selasa Pahing? Bagi banyak orang, ini mungkin hanya informasi sepele, tetapi di balik kalender ini terdapat sejarah dan makna yang mendalam.



adv

Kalender Jawa tidak hanya sekadar alat pencatatan waktu; ini adalah warisan budaya yang telah ada selama berabad-abad, digunakan oleh Kesultanan Mataram dan masyarakat Jawa secara luas.

Baca juga: Terungkap Fakta Mengejutkan Kendari, Info No 5 Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara Bikin Bangga

Baca juga: Naiknya Harga BBM Pertamax Cs Membuat Konsumen Gelisah, Perlu Adanya Strategi Konsumsi BBM dalam Menghadapi Lonjakan Harga


mg2

Baca juga: Siapa Pandawara Group? Aksi Pemuda Viral Bersih-bersih Sampah, Kini di Tolak Kades Sukabumi, Begini Kronologinya

Sistem penanggalan ini menggabungkan dua siklus, yaitu siklus hari (saptawara) yang terdiri dari tujuh hari dan siklus pekan (pancawara) yang terdiri dari lima hari pasaran.

Setiap hari pasaran dalam kalender ini memiliki makna dan simbolik tersendiri. Sebagai contoh, hari Pahing melambangkan "Pahit" yang menggambarkan madep, yaitu menghadap ke depan.

Baca juga: UPDATE Jadwal MotoGP Mandalika 2023, Jumat 13 - Minggu 15 Oktober, Balapan Digelar Siang

Sementara itu, Legi melambangkan "Manis" yang menandakan mungkur, berbalik arah kebelakang. Bagi mereka yang tertarik dengan filosofi dan simbolisme, Kalender Jawa adalah sumber yang menarik.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr