Fakta Menarik Pontianak Ini Cuma Warga Kalbar Aja yang Tahu? Bocoran Hal Unik di Kota Seluas 118,3 Km

Fakta Menarik Pontianak Ini Cuma Warga Kalbar Aja yang Tahu? Bocoran Hal Unik di Kota Seluas 118,3 Km

daerah-jc-gelidon/unplash-

RIVAL.co.id - Fakta Menarik Pontianak Ini Cuma Warga Kalbar Aja yang Tahu? Bocoran Hal Unik di Kota Seluas 118,3 Km

Pontianak, kota yang megah di tepi Sungai Kapuas, adalah ibu kota provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Namanya melekat erat dengan garis khatulistiwa yang melintasinya.



adv

Selain itu, kota ini juga dikenal dengan julukan "Kota Seribu Parit" dan "Pontianak Kota Bersinar."

Dengan luas wilayah sekitar 107,82 kilometer persegi, kota ini merupakan salah satu pusat perkembangan di Kalimantan Barat dengan penduduk sekitar 672.440 jiwa pada tahun 2021.

Asal usul nama "Pontianak" mengandung beragam legenda yang memperkaya sejarah kota ini. Salah satu legenda menyebutkan bahwa nama Pontianak berasal dari "Ayunan Anak" yang digunakan di sekitar Masjid Jami. Ayunan ini digunakan oleh anak-anak keluarga yang bekerja di sekitar masjid.


mg2

Legenda lainnya mengaitkan nama Pontianak dengan pohon "punti" atau "ponti," yang berarti pohon yang tinggi. Pada masa itu, Pulau Kalimantan dikenal dengan sebutan kepulauan yang dihiasi oleh pohon-pohon tinggi yang kokoh.

Ada juga versi yang menyebutkan bahwa Pontianak berasal dari gabungan kata "bunting" dan "anak" dalam bahasa Melayu atau "buntinganak" dalam bahasa Malaysia, yang berarti "anak yang belum lahir."

Baca juga: Jadwal Liga Champions Pekan Ini, Ada Napoli vs Real Madrid, MU vs Galatasaray, Inter, Arsenal, Bayern, PSG, Man City, Barceloona

Baca juga: NGERI! Telah Ditemukan Kepala Desa Bersimpah Darah Akibat Dibacok Warga Alor Nusa Tenggara Timur, Polisi Segera Lakukan Penangkapan!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr