Asal Usul Samarinda Berasal dari Gabungan Kata Ini? Ternyata Ada Legenda Dibaliknya, Bikin Merinding Tapi Seru

Asal Usul Samarinda Berasal dari Gabungan Kata Ini? Ternyata Ada Legenda Dibaliknya, Bikin Merinding Tapi Seru

daerah-abigail-kenaan/unplash-

RIVAL.co.id - Asal Usul Samarinda Berasal dari Gabungan Kata Ini? Ternyata Ada Legenda Dibaliknya, Bikin Merinding Tapi Seru. 

Nama "Samarinda" berasal dari bahasa Banjar, yang merupakan bahasa daerah setempat.



adv

Nama ini adalah hasil gabungan kata 'sama' dan 'rinda', yang memiliki arti "permukaan tanah yang tetap rendah serta tidak bergerak."

Ada juga versi lain dalam sejarah yang menyebutkan bahwa penamaan Samarinda didasarkan pada persamaan ukuran tinggi rumah rakit atau rumah apung yang dimiliki oleh suku Bugis Wajo di Samarinda.

Dahulu, rumah-rumah apung ini sengaja dibuat dengan tinggi yang sama, dan dari sinilah muncul istilah 'sama-rendah,' yang kemudian berkembang menjadi nama "Samarinda."


mg2

Baca juga: NGERI! Telah Ditemukan Kepala Desa Bersimpah Darah Akibat Dibacok Warga Alor Nusa Tenggara Timur, Polisi Segera Lakukan Penangkapan!

Baca juga: Kembangkan Usahanya Sampai Sukses! Inilah Profil Biodata David Theonardy Direktur PT Minakrida Bhakti Mining: Latar Belakang & Karir!

Ada salah satu fakta menarik yang Samarinda yang tidak bisa dipungkiri. 

Air Terjun Tanah Merah adalah salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Samarinda. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki air dengan warna cokelat kemerahan yang unik.

Warna kemerahan ini berasal dari dasar kolam air terjun yang terdiri dari tanah gambut. Meskipun tidak dapat digunakan untuk berenang, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitarnya dengan pohon-pohon yang rindang.

Baca juga: LINK Baca Manhwa God Jangsan Tiger (Jangsanbeom) Chapter 2 3 4 5 6 7 Bahasa Indonesia, Cek Kelanjutan Cerita Manhwa God Jangsanbeom Terbaru Situs Legal

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr