Medan Berasal dari Melayu Artinya Apa? Begini Asal Usul Nama Ibukota Sumatera Utara, Sejarahnya Masih Banyak yang Belum Tahu

Medan Berasal dari Melayu Artinya Apa? Begini Asal Usul Nama Ibukota Sumatera Utara, Sejarahnya Masih Banyak yang Belum Tahu

daerah-dwi-widya/unplash-

RIVAL.co.id - Medan Berasal dari Melayu Artinya Apa? Begini Asal Usul Nama Ibukota Sumatera Utara, Sejarahnya Masih Banyak yang Belum Tahu. 

Nama "Medan" berasal dari kata dalam bahasa Melayu yang berarti "lapangan" atau "tempat terbuka." Asal usul nama Kota Medan, Sumatera Utara, memiliki kaitan erat dengan perkembangan sejarah kota ini selama berabad-abad.



adv

Berikut adalah sejarah singkat asal usul nama Medan dan sejarah kota tersebut. 

Nama "Medan" pertama kali muncul dalam naskah-naskah kerajaan Melayu pada abad ke-16. Sebelumnya, daerah ini dikenal sebagai "Tanah Deli" yang merupakan bagian dari Kesultanan Deli yang kuat pada masa itu.

Pada masa awalnya, Medan mungkin hanya merupakan sebidang tanah yang digunakan sebagai tempat berkumpul dan beraktivitas oleh penduduk setempat.


mg2

Pada abad ke-17, Kesultanan Deli menjadi salah satu kesultanan Melayu yang paling dominan di Sumatera Timur.

Baca juga: Kembangkan Usahanya Sampai Sukses! Inilah Profil Biodata David Theonardy Direktur PT Minakrida Bhakti Mining: Latar Belakang & Karir!

Baca juga: Apa Artinya Champagne Confetti Viral di Tiktok? Istilah Populer di Sosmed Ternyata Punya Makna Ini dan Berawal dari Jungkook BTS

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr