Bukan Cuma Jadi Ibukota, Fakta Menarik Medan Sumatera Utara Dijamin Bikin Terkejut! Miliki Kampung Tertua di Indonesia, Bisa Tebak Dimana?

Bukan Cuma Jadi Ibukota, Fakta Menarik Medan Sumatera Utara Dijamin Bikin Terkejut! Miliki Kampung Tertua di Indonesia, Bisa Tebak Dimana?

Ilustrasi Keindahan Jalan Tol di Jawa Tengah: Pemandangan Laut Sepanjang 177 KM yang Memukau!-hpgruesen/pixabay-

Sementara itu, Situs Padang Lawas adalah bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak tahun 11 Masehi. Keberadaannya menjadi bukti sejarah bahwa di sana pernah berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Pannai. Jejak-jejak ini memungkinkan kita untuk menggali lebih dalam sejarah Indonesia.

4. Keragaman Suku Bangsa dan Rumah Adatnya



adv

Salah satu daya tarik Kota Medan adalah keragaman suku bangsa yang ada di sana, terutama suku Batak. Suku-suku ini meliputi Melayu, Simalungun, Karo, Tapanuli atau Toba, Pakpak, Mandailing, dan Nias. Setiap suku memiliki rumah adatnya sendiri, seperti rumah bolon atau sopo godang. Rumah-rumah adat ini adalah peninggalan berharga yang mencerminkan budaya dan tradisi yang kaya dari suku-suku ini.

5. Alat Musik Khas

Seperti daerah lain di Indonesia, Medan dan suku Batak memiliki alat musik tradisional yang khas. Salah satunya adalah gondang Batak. Alat musik ini sering dimainkan bersama dengan instrumen lain seperti gong, hesek (mini simbal), gendang, serunai, seruling, dan kecapi. Suara merdu alat musik ini menjadi pengiring dalam berbagai upacara adat dan perayaan.


mg2

Baca juga: Mau Dapat Hadiah? Simak Cara Mudah Klaim Link DANA Kaget Free Cuan Rp98.000 Langsung Cair Hari Ini, Senin 2 Oktober 2023!

Baca juga: INGAT! Tarif LRT Jabodetabek Hari Ini 1 Oktober 2023 Bukan Rp 5,000 Rupiah Lagi, Berapa Harga yang Sesuai?

6. Kain Tradisional Khas

Suku Batak juga terkenal dengan kain tradisionalnya yang unik, yaitu ulos. Ulos digunakan dalam berbagai jenis upacara adat dan memiliki beragam jenis, seperti ulos ragi hotang (raja ulos), ulos ragi ambacang, dan ulos sadum. Keindahan motif-motif ulos mencerminkan kekayaan seni dan budaya Batak.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr