Bukan Cuma Jadi Ibukota, Fakta Menarik Medan Sumatera Utara Dijamin Bikin Terkejut! Miliki Kampung Tertua di Indonesia, Bisa Tebak Dimana?

Bukan Cuma Jadi Ibukota, Fakta Menarik Medan Sumatera Utara Dijamin Bikin Terkejut! Miliki Kampung Tertua di Indonesia, Bisa Tebak Dimana?

Ilustrasi Keindahan Jalan Tol di Jawa Tengah: Pemandangan Laut Sepanjang 177 KM yang Memukau!-hpgruesen/pixabay-

Fakta Menarik Medan 

1. Kota Terluas Kedua di Indonesia

Kota Medan memiliki prestasi yang patut diacungi jempol, yaitu sebagai kota terluas kedua di Indonesia. Luas wilayahnya menempati peringkat kedua setelah Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Dengan luas mencapai 265,1 km2;, Kota Medan memamerkan pesona alamnya yang luas. Perbandingan ini tentu menarik, mengingat betapa besar dan beragamnya Indonesia.



adv

2. Jejak Awal Sebuah Kampung

Fakta unik lainnya tentang Kota Medan adalah sejarah asal-usulnya. Awalnya, kota ini bermula dari sebuah kampung kecil yang hanya dihuni oleh sekitar 200 orang penduduk. Kampung ini dipimpin oleh seorang pemimpin bernama Tuanku Pulau Berayan dan berdiri pada tahun 1590. Seiring berjalannya waktu, kampung ini tumbuh dan berkembang menjadi kota yang sekarang kita kenal sebagai Kota Medan. Dengan sejarahnya yang unik, Medan memperlihatkan evolusi dari desa ke kota metropolitan yang makmur.

Baca juga: Apa Artinya Champagne Confetti Viral di Tiktok? Istilah Populer di Sosmed Ternyata Punya Makna Ini dan Berawal dari Jungkook BTS


mg2

Baca juga: Brand Lokal SOMBONG Milik Denny Sumargo Jualan Apa? Beri Kabar Baik, Kini Hadir Pertama Kali di Shopee

3. Peninggalan Bersejarah yang Menakjubkan

Seperti banyak wilayah di Indonesia, Kota Medan juga memiliki sejumlah peninggalan bersejarah yang menakjubkan. Beberapa dari tempat-tempat bersejarah ini termasuk Istana Maimun dan Situs Padang Lawas. Istana Maimun merupakan bangunan istana yang merupakan peninggalan dari Sultan Deli, Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, yang dibangun pada tahun 1888. Keunikan Istana Maimun terletak pada perpaduan arsitektur Eropa dan Persia yang mencolok.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr