Begini Asal Usul Nama Sunda Raya Berubah Jadi Jakarta! Bikin Kaget Belum Pernah Ditulis di Sejarah, Simak Fakta Menariknya

Begini Asal Usul Nama Sunda Raya Berubah Jadi Jakarta! Bikin Kaget Belum Pernah Ditulis di Sejarah, Simak Fakta Menariknya

Jawara Banget! Pasukan Tiongkok Jadi Asal-usul Kota Singkawang Ada hingga Saat Ini, Terdampar Bak Putri Duyung-PEXEL-

Pada awalnya, pasar ini hanya buka setiap hari Sabtu. Namun, dengan pembangunan Stasiun Tanah Abang, pasar ini semakin berkembang pesat.

Hingga akhirnya, Pemerintah Daerah DKI Jakarta melakukan renovasi yang membuatnya menjadi pasar modern dengan 14 lantai dan 10.000 kios. Pasar Tanah Abang bukan hanya tempat berbelanja, tetapi juga menjadi bagian penting dari budaya dan sejarah Jakarta.



adv

Nama Jakarta telah mengalami perubahan beberapa kali sepanjang sejarahnya. Nama Jakarta pertama kali digunakan pada tahun 1942, saat Jepang menduduki Indonesia.

Namun, sebelumnya, kota ini dikenal dengan nama berbeda. Dari tahun 397 hingga 157, DKI Jakarta dikenal sebagai Sunda Kelapa. Kemudian, pada tanggal 22 Juni 1527, Jakarta disebut Jayakarta.

Baca juga: Emang Bisa Pinjaman Online Tanpa KTP? Cek 5 Aplikasi Resmi OJK yang Bisa Cair Cepat Gak Pake Ribet


mg2

Selanjutnya, saat VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) menguasai kota ini, nama Jakarta diganti menjadi Batavia pada tahun 1619 hingga 1942.

Selama masa pendudukan Jepang, nama Batavia diubah menjadi Djakarta Tokubetsu Shi, mengikuti kebijakan Nederlandisasi.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, nama Jakarta digunakan tanpa nama Jepangnya, dan pada tahun 1961, statusnya diubah menjadi DKI Jakarta.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr