Orang Betawi Nih Hafal Betul, Fakta Menarik DKI Jakarta yang Bikin Cercengang Warga Indonesia! Miliki Mall Terbanyak di Dunia?

Orang Betawi Nih Hafal Betul, Fakta Menarik DKI Jakarta yang Bikin Cercengang Warga Indonesia! Miliki Mall Terbanyak di Dunia?

ilustrasi-alessio/pexels-

Fakta menarik DKI Jakarta 

1. Nama Kota Jakarta Telah Diganti Berkali-kali
Nama Jakarta telah mengalami perubahan nama beberapa kali sepanjang sejarahnya. Nama Jakarta pertama kali digunakan pada tahun 1942, saat Jepang menduduki Indonesia.

Dari tahun 397 hingga 157, DKI Jakarta dikenal sebagai Sunda Kelapa. Kemudian, pada tanggal 22 Juni 1527, Jakarta disebut Jayakarta. Pada tahun 1619 hingga 1942, saat VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) menguasai kota ini, nama Jakarta diganti menjadi Batavia. Selanjutnya, saat Jepang berkuasa, nama Batavia diganti menjadi Djakarta Tokubetsu Shi berdasarkan kebijakan Nederlandisasi.



adv

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, nama Jakarta digunakan tanpa nama Jepangnya, dan pada tahun 1961, statusnya diubah menjadi DKI Jakarta.

Baca juga: Fakta Menarik Solo yang Jarang Diungkap ke Media, Waduh! Pasar Super Megah Ini Peninggalan Jaman Kapan?

2. Tempat Pertama Kali Burung Garuda Diperkenalkan
Lambang negara Indonesia, burung garuda, diperkenalkan kepada publik untuk pertama kalinya di Jakarta pada tanggal 15 Februari 1950. Peristiwa ini terjadi di Hotel Des Indes, Jakarta.


mg2

Pada saat itu, parlemen Republik Indonesia Serikat (RIS) berkumpul untuk menetapkan lambang negara. Lambang negara tersebut adalah hasil desain Sultan Hamid II, berupa burung garuda dengan kepala yang botak, dan dimasukkan ke dalam Pasal 3 Konstitusi RIS.

Setelah melalui berbagai proses, lambang negara berupa burung garuda tersebut digunakan secara luas di seluruh Indonesia. Gambar burung garuda ini disebarluaskan ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Sekedar BBM Subsidi! Produksi Pertalite Bisa Lebih Ekonomis? Simak Analisis Tentang Keuntungannya dan Kerugian Penggunaan Bahan Bakar Ini!

3. Stasiun Terbesar di ASEAN
Stasiun Jakarta Kota pernah menjadi stasiun terbesar di seluruh wilayah ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Stasiun ini dibangun untuk merayakan 50 tahun perkeretaapian di Hindia Belanda. Stasiun Jakarta Kota memiliki 13 peron, dan hingga saat ini masih menjadi stasiun tersibuk di DKI Jakarta.

Dibangun pada tahun 1925, Stasiun Jakarta Kota juga dianggap sebagai cagar budaya. Konsepnya menyerupai stasiun di negara-negara Eropa. Stasiun Jakarta Kota terletak di Jalan Lada, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Baca juga: Emang Bisa Pinjaman Online Tanpa KTP? Cek 5 Aplikasi Resmi OJK yang Bisa Cair Cepat Gak Pake Ribet

4. Kota dengan Museum Terbanyak di Indonesia
DKI Jakarta juga dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia dengan jumlah museum terbanyak, mencapai 64 museum. Museum-museum di Jakarta sering dijadikan tempat wisata edukatif untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tanpa memandang usia.

Beberapa museum terkenal di DKI Jakarta meliputi Museum Nasional Indonesia, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Fatahillah

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr