Sekedar BBM Subsidi! Produksi Pertalite Bisa Lebih Ekonomis? Simak Analisis Tentang Keuntungannya dan Kerugian Penggunaan Bahan Bakar Ini!

Sekedar BBM Subsidi! Produksi Pertalite Bisa Lebih Ekonomis? Simak Analisis Tentang Keuntungannya dan Kerugian Penggunaan Bahan Bakar Ini!

Sekedar BBM Subsidi! Produksi Pertalite Bisa Lebih Ekonomis? Simak Analisis Tentang Keuntungannya dan Kerugian Penggunaan Bahan Bakar Ini!-Pexels/pixabay-

Pertalite dan BBM lainnya, seperti Pertamax dan Pertamax Turbo, semuanya diproduksi oleh PT Pertamina (Persero) Indonesia. Namun, perbedaan mendasar terletak pada standar dan peruntukannya.

Pertalite memiliki nilai oktan yang lebih rendah dibandingkan dengan Pertamax dan Pertamax Turbo, itulah sebabnya harganya lebih rendah.



adv

Proses produksi BBM dengan nilai oktan yang lebih tinggi memerlukan teknologi yang lebih canggih, yang pada gilirannya akan mengakibatkan biaya produksi yang lebih tinggi.

Baca juga: Bandung Diprediksi Bakal Hujan Lebat di Bulan Ini, Cek Perkiraan BMKG Cuaca di Jawa Barat Tahun 2023-2024

Baca juga: Gampang Cair! Simak Penjelasan Lengkap Mengenai Simulasi KUR BCA: Pinjaman Besar dengan Cicilan Ringan Rp 1 Jutaan per Bulan!


mg2

Sebaliknya, BBM dengan kandungan oktan yang lebih rendah, seperti Pertalite, lebih mudah diproduksi. Kemudahan ini dapat dicapai dengan teknologi yang lebih sederhana, dan akibatnya, biaya produksinya pun lebih murah.

Dengan kata lain, Pertalite lebih terjangkau karena biaya produksinya yang lebih rendah, yang disebabkan oleh kandungan oktan yang dimilikinya.

Namun, meskipun harganya lebih terjangkau, Pertalite tetap menawarkan kualitas yang baik. Kendaraan dengan performa mesin standar untuk kebutuhan sehari-hari sangat cocok menggunakan BBM ini.

Penting bagi pengguna kendaraan untuk mempertimbangkan baik kelebihan maupun kekurangan dari setiap jenis BBM untuk menentukan mana yang sesuai dengan kendaraan mereka.

Kelebihan Pertalite

Pertalite adalah pilihan yang tepat untuk kendaraan yang diproduksi mulai tahun 2000 ke atas. Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis BBM lainnya.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr