Luasnya Cuma 1,57 Km! Kota Sibolga Dijuluki Daerah Terkecil di Indonesia, Fakta Menariknya Bikin Kaget Harus Tau Warga Sumatera Utara

Luasnya Cuma 1,57 Km! Kota Sibolga Dijuluki Daerah Terkecil di Indonesia, Fakta Menariknya Bikin Kaget Harus Tau Warga Sumatera Utara

ILUSTRASI-Quangpraha/pixabay-

RIVAL.co.id - Luasnya Cuma 1,57 Km! Kota Sibolga Dijuluki Daerah Terkecil di Indonesia, Fakta Menariknya Bikin Kaget Harus Tau Warga Sumatera Utara. 

Indonesia, sebagai negara kepulauan yang luas dengan wilayah daratan mencapai 1.905 juta kilometer persegi, memiliki sejumlah kota yang tersebar di berbagai penjuru.



adv

Setiap kota di Indonesia memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Dari 98 kota yang ada di Indonesia, ada satu yang menonjol dengan wilayah yang sangat kecil, yaitu Kota Sibolga.

Kota Sibolga, terletak di Provinsi Sumatra Utara, menjadi sorotan sebagai kota terkecil di Indonesia.

Terletak di pantai barat Pulau Sumatra, lebih tepatnya di kawasan Teluk Tapian Nauli, Kota Sibolga memiliki peran penting sebagai penghubung antara Pulau Sumatra dan Pulau Nias.


mg2

Baca juga: 25 Soal Tes Potensi Dasar PCPM BI 2023 Beserta Kunci Jawabannya, Cek Bagian Penalaran dan Akronim Kata

Baca juga: Viral Tiktok! Dimana Nonton Drama China Stand By Me 2023 Sub Indo? Simak Sinopsis, Daftar Pemain hingga Nonton Streaming Gratis

Secara geografis, Kota Sibolga berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli di sebelah utara, timur, dan selatan, sementara wilayah baratnya berbatasan dengan Teluk Tapian Utara.

Meskipun memiliki wilayah yang sangat kecil, Kota Sibolga masih terbagi menjadi empat kecamatan, yaitu Sibolga Selatan, Sibolga Sambas, Sibolga Utara, dan Sibolga Kota.

Luas wilayahnya hanya sekitar 10,77 kilometer persegi, dengan 8,89 kilometer persegi sebagai daratan di Pulau Sumatra dan 1,87 kilometer persegi sebagai daratan kepulauan.

Kecamatan Sibolga Sambas bahkan menjadi kecamatan terkecil di Kota Sibolga dengan luas wilayah hanya 1,57 kilometer persegi.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr