Jaraknya 170 Km dari Padang, Pemekaran Kepulauan Mentawai Jadi Kabupaten Kaya Symber Alam Perkebunan, Perikanan dan Wisata

Jaraknya 170 Km dari Padang, Pemekaran Kepulauan Mentawai Jadi Kabupaten Kaya Symber Alam Perkebunan, Perikanan dan Wisata

Mentawai--

RIVAL.co.id - Sumatera Barat, yang dikenal juga dengan Sumbar, adalah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatra dengan ibu kota di Padang.

Provinsi ini membentang dari pesisir barat sampai dataran tinggi Bukit Barisan di timurnya, serta memiliki beberapa pulau di lepas pantainya, termasuk Kepulauan Mentawai.



adv

Dari arah utara ke selatan, Sumbar berbatasan dengan empat provinsi lainnya: Sumatra Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca juga: Pemekaran IKN Terus Berlanjut! Ternyata Tak Semua Wilayah Penajam Paser Utara Masuk

Baca juga: Sosok Suami Mirna Salihin Tidak Diwawancarai dalam Film Ice Cold Netflix, Mengapa? Inilah Profil dan Biodata Arief Soemarko


mg2

Wilayah administratif ini memiliki luas sekitar 42.012,89 km².

Sumatera Barat dikenal sebagai tanah kelahiran suku Minangkabau, meskipun wilayah adat Minangkabau lebih luas daripada Sumbar saat ini.

Pada 2023, Sumatera Barat dihuni oleh sekitar 5,6 juta penduduk yang mayoritasnya beragama Islam.

Provinsi ini memiliki 12 kabupaten dan 7 kota, dengan pembagian wilayah administratif setelah kecamatan disebut sebagai nagari, kecuali di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sejarah mencatat bahwa pada awal kemerdekaan Indonesia, Sumbar merupakan bagian dari provinsi Sumatra dengan pusat pemerintahan di Bukittinggi.

Tetapi, pada tahun 1949, Provinsi Sumatra dibagi menjadi tiga, yaitu Sumatra Utara, Sumatra Tengah, dan Sumatra Selatan.

Pada 1957, berdasarkan UU Darurat No. 19, Sumatra Tengah kemudian dibagi lagi menjadi Sumatera Barat, Riau, dan Jambi.

Baca juga: Resep Rahasia Kelezatan Bakwan Jagung yang Renyah, Gurih dan Nagih! Sensasi Pedasnya Cabai Rawit Bikin Minta Lagi!

Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang terletak di luar pulau Sumatra, terdiri dari empat pulau utama. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan UU RI No. 49 Tahun 1999. Mayoritas penduduk di sini adalah suku Mentawai dan Minangkabau.

Secara geografis, Sumatera Barat memiliki garis pantai yang bersentuhan dengan Samudra Hindia.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr