Daerah Berjuluk Kota Tahu Ini Ternyata Memendam Fakta Mengejutkan, No 3 Mendidik Sekali

Daerah Berjuluk Kota Tahu Ini Ternyata Memendam Fakta Mengejutkan, No 3 Mendidik Sekali

Kediri --

RIVAL.co.id - Kota Kediri terletak di Jawa Timur dan berjarak kira-kira 130 km dari Surabaya, ibu kota provinsi tersebut.

Merupakan kota ketiga terbesar di Jawa Timur, pada tahun 2020, sensus penduduk menunjukkan bahwa Kota Kediri berpenduduk sekitar 286.796 jiwa.



adv

Secara geografis, kota ini dikelilingi oleh Kabupaten Kediri. Dengan luas 63,404 km^2, administratifnya dibagi menjadi tiga kecamatan: Mojoroto, Kota, dan Pesantren.

Baca juga: Sosok Suami Mirna Salihin Tidak Diwawancarai dalam Film Ice Cold Netflix, Mengapa? Inilah Profil dan Biodata Arief Soemarko

Baca juga: Siapa Sosok Sandy Salihin? Kembaran Mirna Salihin yang Selalu Buat Ungkapan Kenangan Tiap Tanggal Kematiannya

Sejarah Kota Kediri


mg2

Berdasarkan temuan artefak arkeologi pada 2007, area sekitar Kediri dulunya merupakan lokasi Kerajaan Kediri, sebuah kerajaan Hindu di abad ke-11.

Menurut naskah Serat Calon Arang, Kota Kediri dimulai sebagai pemukiman saat Raja Airlangga memindahkan pusat pemerintahan dari Kahuripan ke Dahanapura, yang selanjutnya dikenal sebagai Daha.

Setelah wafatnya Raja Airlangga, wilayah Medang dibagi dua: Penjalu di barat dan Jenggala di timur. Daha menjadi ibu kota Kerajaan Panjalu, sementara Kahuripan menjadi pusat Kerajaan Jenggala.

Dengan berjalannya waktu, keberadaan Kediri berubah menjadi kota vasal dari kerajaan-kerajaan besar seperti Singasari, Majapahit, Demak, dan Mataram.

Baca juga: Breaking News! Kronologi Kecelakaan Beruntut di Ruas Tol Semarang-Solo, Telan Korban Jiwa? Simak Informasi Selengkapnya

Namun, setelah peristiwa Geger Pecinan, Kediri jatuh ke tangan VOC. Penguasaan Belanda atas Kediri berlangsung hingga periode kemerdekaan Indonesia.

Perjalanan Kediri sebagai kotamadya dimulai saat menjadi Gemeente Kediri pada 1 April 1906.

Pada tahun 1928, statusnya ditingkatkan menjadi "Zeifstanding Gemeenteschap".

Menurut catatan sejarah, Kota Kediri didirikan pada 27 Juli 879, sehingga pada 2022, kota ini merayakan ulang tahunnya yang ke-1142.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr