Fakta Menarik Kebumen Bikin Geger Ternyata Terbentuk dari Perang Mataram? Simak Sejarah dan Asal Usul Nama Daerahnya

Fakta Menarik Kebumen Bikin Geger Ternyata Terbentuk dari Perang Mataram? Simak Sejarah dan Asal Usul Nama Daerahnya

daerah-paulo-sayrol/unplash-

RIVAL.co.id - Fakta Menarik Kebumen Bikin Geger Ternyata Terbentuk dari Perang Mataram? Simak Sejarah dan Asal Usul Nama Daerahnya. 

Nama "Kebumen" diyakini berasal dari bahasa Jawa Kuno. Kata "kebo" berarti "kerbau," dan "men" atau "mang" adalah bentuk bahasa Jawa yang berarti "tempat."



adv

Jadi, secara harfiah, "Kebumen" bisa diartikan sebagai "tempat kerbau."Kebumen, seperti banyak wilayah di Jawa Tengah, memiliki sejarah panjang yang berakar dalam peradaban Hindu-Buddha.

Peninggalan-peninggalan sejarah dari masa ini, seperti prasasti dan situs arkeologi, dapat ditemukan di sekitar wilayah ini.Selama abad ke-16, wilayah Kebumen berada di bawah pengaruh Kesultanan Mataram, salah satu kerajaan terbesar di Jawa.

Baca juga: Nonton Drakor Behind Your Touch Eps 15-16 Sub Indo, Link Streaming Bahasa Indonesia Legal


mg2

Baca juga: Selain Instansi yang Banyak Diminati oleh Calon PNS di Tahun 2023, Berikut Informasi Daftar Instansi Paling Sepi Peminat!

Pada masa ini, Islam mulai berkembang di wilayah ini dan memengaruhi budaya dan masyarakat setempat.

Kebumen juga memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda. Banyak warganya yang berperan aktif dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr