Waduh! Asal Usul Nama Bojonegoro Artinya Kota Istri? Begini Sejarah dan Fakta Unik Daerah Seluas 230 Km

Waduh! Asal Usul Nama Bojonegoro Artinya Kota Istri? Begini Sejarah dan Fakta Unik Daerah Seluas 230 Km

daerah-shot-ed/unplash-

RIVAL.co.id - Waduh! Asal Usul Nama Bojonegoro Artinya Kota Istri? Begini Sejarah dan Fakta Unik Daerah Seluas 230 Km. 

Bojonegoro, yang terletak di Provinsi Jawa Timur, memiliki sejarah panjang yang kaya. Asal usul dan perkembangan kota ini dapat dirunut sebagai berikut.



adv

Asal Usul Nama Bojonegoro, Nama "Bojonegoro" berasal dari bahasa Jawa. "Bojo" berarti istri, dan "negoro" berarti kota atau tempat. Jadi, secara harfiah, Bojonegoro dapat diartikan sebagai "kota istri.

Asal usul nama ini masih menjadi perdebatan, tetapi salah satu versi mengaitkannya dengan legenda tentang seorang putri yang dikenal sebagai "Bojo Negero" yang tinggal di wilayah ini.

Masa Pemerintahan Hindu-Buddha: Sebagai bagian dari Jawa Timur, Bojonegoro memiliki sejarah awal yang terkait dengan kerajaan Hindu-Buddha, terutama Kerajaan Majapahit.


mg2

Baca juga: Siapa Sebenarnya MK Itu? Profil Biodata Diduga Pelaku Bully Siswa SMP di Cilacap, Punya Segudang Prestasi Berbakat?

Baca juga: Banyak yang Ngira Mojokerto! Kota Tertua Pertama di Indonesia Ada di Palembang, Cek Fakta Menarik Lainnya

Bukti-bukti sejarah dari periode ini dapat ditemukan dalam bentuk prasasti dan reruntuhan arkeologi.

Zaman Kesultanan Demak: Pada abad ke-16, wilayah Bojonegoro termasuk dalam wilayah Kesultanan Demak, yang merupakan salah satu kesultanan Islam pertama di Jawa.

Ini adalah periode penting dalam sejarah daerah ini karena masuknya agama Islam dan pengaruhnya terhadap budaya dan masyarakat setempat.

Seperti banyak wilayah di Indonesia, Bojonegoro juga mengalami masa penjajahan oleh Belanda. Selama periode ini, Belanda membangun infrastruktur dan memperkenalkan sistem administrasi kolonial.

Bojonegoro aktif dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Banyak warganya ikut serta dalam berbagai peristiwa sejarah, termasuk Perang Diponegoro dan perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Baca juga: Siap-siap! Prediksi Semakin Kuat Harga BBM Non-Subsidi Bakal Berubah, Pasti Naik? Tunggu Pengumuman Malam Nanti

Baca juga: Detik-detik Mengerikan Kebakaran Pesta Pernikahan di Irak Tewaskan 113 Orang, Ternyata Ini Penyebabnya

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr