Bikin Kaget, Ternyata Ini Asal-Usul Kota Badak, Fakta Menarik Pandeglang yang Patut Dilestarikan

Bikin Kaget, Ternyata Ini Asal-Usul Kota Badak,  Fakta Menarik Pandeglang yang Patut Dilestarikan

Pandeglang--

Baca juga: Cuaca Ekstrem di Negeri Khatulistiwa: Mengapa Suhu di Indonesia Semakin Tinggi? Peneliti BRIN Mengungkapkan Sisi Gelap Perubahan Cuaca!

Fakta Menarik Pandeglang

Pandeglang terletak di Provinsi Banten dan berbatasan dengan Kabupaten Serang di sebelah utara serta Kabupaten Lebak di timur.



adv

Pada tahun 2021, populasi Pandeglang mencapai sekitar 200 ribu orang dengan mayoritas penduduknya berasal dari Suku Banten.

Kabupaten ini dikelilingi oleh tiga gunung, yaitu Gunung Karang, Gunung Pulosari, dan Gunung Aseupan. Sungai Ciliman dan Sungai Cibaliung juga mengalir di wilayah ini.

Beberapa fakta menarik tentang Pandeglang meliputi:


mg2

Baca juga: Apa Itu Crazy House Paris? Lisa BLACKPINK Jadi Kontroversial Usai Terpilih di Pertunjukan, Konsep Acara Bikin Knetz Deg-degan

1. Asal-usul Nama

Ada berbagai versi terkait asal nama Pandeglang. Salah satunya berkaitan dengan kisah pembuatan gelang oleh seorang pandai besi untuk meriam Ki Amuk.

Versi lain berkaitan dengan kisah seorang putri kerajaan yang dibantu oleh seorang kakek bernama Pande Gelang untuk menolak lamaran dari seorang pangeran jahat.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Pandeglang merupakan rumah bagi Taman Nasional Ujung Kulon, taman nasional tertua di Indonesia yang telah diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

Di sini, Anda bisa menemukan badak jawa, spesies yang terancam punah.

3. Pantai Carita

Salah satu destinasi wisata terkenal di Pandeglang adalah Pantai Carita, dengan pemandangan Anak Gunung Krakatau dan beragam aktivitas air seperti banana boat dan jet ski.

4. Seni Patingtung

Berasal dari Kecamatan Mandalawangi, Patingtung adalah seni pertunjukan yang menggabungkan elemen religius dengan kekuatan magis, menampilkan tarian bela diri dan atraksi kekebalan tubuh.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr