Banyak yang Ngira Mojokerto! Kota Tertua Pertama di Indonesia Ada di Palembang, Cek Fakta Menarik Lainnya

Banyak yang Ngira Mojokerto! Kota Tertua Pertama di Indonesia Ada di Palembang, Cek Fakta Menarik Lainnya

daerah-abdi-ms.unplash-

2. Al-Qur'an Raksasa (Al-Qur'an Al-Akbar)

Palembang juga terkenal dengan keberadaan Al-Qur'an raksasa yang dikenal sebagai Al-Qur'an Al-Akbar. Al-Qur'an ini dinamakan "akbar" karena ukurannya yang sangat besar.



adv

Setiap lembaran Al-Qur'an memiliki ketinggian 177 cm, lebar 140 cm, dan ketebalan kayu 2,5 cm.

Bahkan, Museum Rekor Indonesia (MURI) telah menobatkan kitab suci ini sebagai Al-Qur'an terberat dan terbesar di dunia. Al-Qur'an Al-Akbar telah menjadi destinasi wisata religi yang terkenal dan salah satu ikon kota Palembang.

Kitab suci ini merupakan bagian dari koleksi Pesantren Al Ihsaniyah yang berada di Jalan Moh. Amin, Kecamatan Gandus, Palembang, dan dapat diakses oleh masyarakat umum dengan membayar tiket masuk untuk biaya perawatan tempat.


mg2

3. Pempek, Makanan Pokok Orang Palembang

Pempek, makanan khas Palembang, bukan hanya sebuah kuliner khas tetapi juga merupakan bagian penting dari gaya hidup masyarakat Palembang. Di setiap acara, termasuk makan sehari-hari, pempek selalu menjadi pilihan utama.

Bahkan, masyarakat Palembang memiliki kebiasaan unik yaitu minum "cuko" dan menyantap pempek di pagi hari saat perut masih kosong.

Pempek terbuat dari adonan daging ikan giling yang dicampur dengan tepung tapioka, dengan ikan tenggiri atau ikan gabus sebagai bahan utamanya. Cuko, saus khas pempek, terbuat dari gula merah cair yang dicampur dengan berbagai bumbu, seperti bawang putih, asam, dan cabai rawit.

Baca juga: Apa Agama Kia Poetri? Wanita yang Kepergok Gandengan Bareng Virgoun Eks Inara Rusli Jadi Sorotan Warganet, Intip Profil Selengkapnya

Baca juga: Panas Banget Sampai Mendidih! Penyelidikan Terkini oleh Peneliti BRIN Temukan Faktor Penyebabnya, Ternyata Karena Ini!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr