Banyak yang Ngira Mojokerto! Kota Tertua Pertama di Indonesia Ada di Palembang, Cek Fakta Menarik Lainnya

Banyak yang Ngira Mojokerto! Kota Tertua Pertama di Indonesia Ada di Palembang, Cek Fakta Menarik Lainnya

daerah-abdi-ms.unplash-

RIVAL.co.id - Banyak yang Ngira Mojokerto! Kota Tertua Pertama di Indonesia Ada di Palembang, Cek Fakta Menarik Lainnya. 

Kota Palembang, terletak di Provinsi Sumatera Selatan, adalah salah satu kota terbesar kedua di Pulau Sumatera, setelah Medan.



adv

Dengan usianya yang sangat tua, kota ini telah ada sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha, tepatnya berdiri sejak tahun 682 Masehi pada zaman Kerajaan Sriwijaya.

Usianya yang begitu tua menjadikan Palembang dikenal dengan banyak situs peninggalan sejarah dan juga destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Selain sebagai kota tertua, terdapat fakta-fakta menarik lain yang perlu kita ketahui tentang kota ini.


mg2

Baca juga: Kejutan di Bulan OKTOBER! Menampilkan Drama Korea Terbaru yang Akan Mengisi Kekosongan di Hari Gabut Anda, Berikut Daftar Listnya!

Baca juga: 2 Siswa Bullying di SMP Cilacap Resmi Jadi Tersangka! Siapa Sosok Orang Tua WS? Pelaku Baru Perundungan

1. Kota Tertua di Indonesia

Menurut laman resmi Pemerintah Kota Palembang, Palembang adalah kota tertua di Indonesia dengan usia setidaknya 1.341 tahun.

Informasi ini didasarkan pada prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang dikenal sebagai Prasasti Kedukan Bukit, yang bertanggal 16 Juni 682 Masehi. Dalam prasasti tersebut, Palembang awalnya berbentuk wanua, jenis pemukiman desa, dan didirikan oleh penguasa-penguasa Sriwijaya.

Kota ini menjadi saksi berjalannya waktu, menyaksikan kejayaan dan keruntuhan berbagai peradaban, termasuk Kerajaan Sriwijaya dan kesultanan dengan latar belakang Islam.

Pada masa keemasannya, Palembang menjadi tempat tujuan bagi pendatang dari berbagai daerah, termasuk biksu dari Tiongkok hingga bangsa Arab Timur Tengah.

Pada abad ke-15, Palembang bahkan dikuasai oleh perompak Tiongkok yang akhirnya ditumpas oleh Laksamana Cheng Ho.

Baca juga: Jorge Martin Rajai Kualifikasi MotoGP Jepang 2023: Bagnaia Coba Mengejar, Sementara Marquez Terpaut di Urutan Ketujuh

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr