BIKIN KAGET Ini Fakta Menarik Jember, Kota Seribu Gumuk, Punya Karnaval Terbesar Ketiga di Dunia

BIKIN KAGET Ini Fakta Menarik Jember, Kota Seribu Gumuk, Punya Karnaval Terbesar Ketiga di Dunia

Jember--

Baca juga: Serial Jepang Alice in Boderland Musim 3 Tak Diharapkan Tayang Oleh Penggemar, Mengapa? Netflix Umumkan Bakal Lanjut Season

Fakta Menarik Jember

Kabupaten Jember, terletak di tenggara Provinsi Jawa Timur. Dikelilingi oleh Kabupaten Bondowoso, Probolinggo, Banyuwangi, dan Lumajang, Jember juga merupakan bagian dari wilayah Tapal Kuda. Kabupaten ini memiliki luas 3.092,34 km persegi.



adv

Pada 2017, populasi Jember mencapai 2.622.421 jiwa. Kabupaten ini telah melahirkan banyak tokoh ternama, seperti Anang Hermansyah, Dewi Perssik, Pak Raden, Jack Lesaman, Sujiwo Tejo, Tiara Andini, dan Opick.

Baca juga: Cara Mengisi Contoh Isi dan Pembahasan LK 2.2 Penentuan Solusi PPG Daljab 2023 Lengkap Tautan Download PDF DOC, Berikut Tahapan yang Dilakukan!

Asal Mula Nama Jember

Asal-usul nama Jember memiliki beberapa versi. Salah satunya adalah bahwa Jember berasal dari kata ‘jembrek’, yang berarti berlumpur. Daerah ini, yang dahulu merupakan hutan dan rawa, menjadi becek saat hujan.


mg2

Versi lain menyebut Jember berasal dari kata ‘jembar’ dalam bahasa Jawa atau ‘jembher’ dalam bahasa Madura, yang keduanya memiliki arti 'luas'.

Keunikan Jember

1. Taman Nasional Meru Betiri

Sebuah taman nasional yang melindungi flora dan fauna Indonesia, terletak di wilayah Jember dan Banyuwangi. Taman ini meliputi 58.000 hektare dan memiliki berbagai pantai eksotik.

2. Motif Batik Jember

Khas dengan motif daun tembakau, batik ini banyak diproduksi di Kecamatan Sumberjambe.

3. Penghasil Tembakau

Jember adalah salah satu produsen tembakau terbesar di Indonesia, dengan tembakau cerutunya diekspor ke berbagai negara.

4. Camilan Suwar Suwir

Camilan manis ini terbuat dari tape dan memiliki beragam rasa.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr