Awas Geleng-Geleng, Ini Fata Menarik Tentang Jambi, Ikonik Banget Jangan Kaget No 3

Awas Geleng-Geleng, Ini Fata Menarik Tentang Jambi, Ikonik Banget Jangan Kaget No 3

Jambi--

RIVAL.co.id - Kota Jambi, selain dikenal sebagai ibu kota Provinsi Jambi yang berada di Pulau Sumatera, memiliki luas wilayah sebesar 20.538 hektar.

Dalam geografisnya, Sungai Batanghari membelah Kota Jambi menjadi dua, dengan bagian selatan menjadi area terbesar yang dibanjiri oleh lima anak sungai dari Batanghari.



adv

Baca juga: Kronologi Kebakaran di SMAN 6 Jaksel yang Tewaskan Satu Korban, Diduga Penyebabnya karena Panel Listrik?

Baca juga: Siapa Ida Susanti? Profil dan Biodata Korban Penipuan Nardinata Marshioni Suhaimi: Tertipu Punya Sumai Perempuan

Kisah Masa Lalu Kota Jambi


mg2

Sejarah mencatat bahwa eksistensi Jambi sebagai pusat pemerintahan sudah ada sejak lama.

Catatan sejarah Dinasti Sung menunjukkan bahwa Maharaja San-fo-tsi (Swarnabhumi) berada di daerah yang dikenal dengan nama Chan-pi, yang oleh para ahli diidentifikasikan sebagai Jambi.

Tercatat pula bahwa utusan dari Chan-pi telah berkunjung ke istana Kaisar China pada abad ke-9.

Nama "Jambi" sendiri diperkirakan berasal dari kata "Jambe", yang dalam Bahasa Jawa atau Sunda berarti pinang. Dengan evolusi linguistik, kata "Jambe" berubah menjadi "Jambi".

Baca juga: Mencoba Peluang Karier! Cek Panduan Lengkap Deskripsi Pekerjaan untuk Pendaftaran PPPK Tahun 2023 dengan Rincian Detail

Legenda Angso Duo

Salah satu kisah yang paling terkenal dari Jambi adalah kisah Angso Duo.

Menurut cerita rakyat, Orang Kayo Hitam, atas saran mertuanya, menyusuri Sungai Batanghari untuk mencari lokasi yang ideal untuk mendirikan kerajaan baru.

Saat sepasang angsa, yang dikenal sebagai Angso Duo, mendarat dan bertahan di suatu tempat selama dua hari dua malam, Orang Kayo Hitam memilih lokasi tersebut untuk mendirikan kerajaan, yang kini dikenal sebagai Kota Jambi.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr