Mampir Dulu! Inilah Destinasi Wisata Terindah di Kabupaten Jombang Jawa Timur, Siapa Menurut Anda yang Paling Populer?

Mampir Dulu! Inilah Destinasi Wisata Terindah di Kabupaten Jombang Jawa Timur, Siapa Menurut Anda yang Paling Populer?

Ilustrasi-12019 /pixabay-

Rival.co.id - Mampir Dulu! Inilah Destinasi Wisata Terindah di Kabupaten Jombang Jawa Timur, Siapa Menurut Anda yang Paling Populer?

Kabupaten Jombang, Jawa Timur, bukan hanya dikenal sebagai tempat berdirinya banyak pondok pesantren yang kaya akan nilai-nilai keagamaan. Kabupaten ini juga menawarkan sejumlah objek wisata yang mampu memukau para pengunjung.



adv

Dalam pengelompokan yang lebih mendetail, objek wisata di Jombang dapat diklasifikasikan menjadi empat kategori utama, yaitu wisata cagar budaya/situs, wisata alam, dan wisata buatan.

Baca juga: Jangan Hanya Lewat! Kunjungi 7 Destinasi Wisata Terbaik di Jombang, Objek Rekreasi yang Paling Banyak Digemari, Daerah Wonosalam Ikut Tampil?

Baca juga: Loh Sidoarjo Awalnya Masuk Wilayah Jombang? Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Delta yang Jarang Diketahui, Sejarahnya Bikin Penasaran


mg2

Baca juga: Dapatkan Akses Langsung ke Panduan Resmi Pendaftaran CPNS-PPPK Tahun 2023 dalam Format PDF, Klik Link Download Berikut Ini!

Menurut data terbaru yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jombang pada tahun 2023, tercatat ada total 59 objek wisata yang tersebar di seluruh kabupaten ini. Angka yang mengesankan ini mencerminkan keragaman potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kota Santri ini.

Namun, dari sekian banyaknya objek wisata yang ada di Jombang, terdapat tujuh destinasi yang berhasil mencuri perhatian dan menjadi magnet bagi para pengunjung sepanjang tahun 2022.

Menariknya, seluruh pengunjung yang tercatat dalam data BPS Jombang adalah wisatawan nusantara (Wisnus), sedangkan tidak ada catatan mengenai kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman).

Makam Gus Dur

Keindahan religius Salah satu objek wisata religius yang paling populer di Kabupaten Jombang adalah makam Gus Dur.

Terletak di kompleks makam Ponpes Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, makam ini juga menjadi tempat peristirahatan dua pahlawan nasional penting.

Hadratus Syekh KH Hasyim As’yari, pendiri Ponpes Tebuireng, dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Serta makam KH A Wahid Hasyim, yang merupakan kakek dan ayahanda dari KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Selama tahun 2022, makam Gus Dur mencatat jumlah pengunjung sebanyak 899.227.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr