Bukan Jakarta! Laut Tempat Tenggelamnya Kapal Van der Wijk Ada di Lamongan, Berikut Fakta Menarik dan Asal Usul Namanya

Bukan Jakarta! Laut Tempat Tenggelamnya Kapal Van der Wijk Ada di Lamongan, Berikut Fakta Menarik dan Asal Usul Namanya

daerah-irhan-prabusara/unplash-

RIVAL.co.id - Bukan Jakarta! Laut Tempat Tenggelamnya Kapal Van der Wijk Ada di Lamongan, Berikut Fakta Menarik dan Asal Usul Namanya. 

Kabupaten Lamongan, yang terletak di Provinsi Jawa Timur dengan Kota Lamongan sebagai ibu kotanya, adalah sebuah daerah yang kaya akan sejarah dan budaya yang menarik.



adv

Selain menjadi bagian dari kawasan metropolitan Surabaya yang dikenal sebagai Gerbangkertosusila (Gresik–Bangkalan–Mojokerto–Surabaya–Sidoarjo–Lamongan), kabupaten ini juga memiliki karakteristik uniknya sendiri.

Dengan luas wilayah mencapai 1.812,80 kilometer persegi dan populasi sekitar 1.373.390 jiwa pada tahun 2019, Lamongan memiliki sejumlah fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Fakta Lamongan yang Belum Diketahui

Nama Lamongan yang Bersejarah


mg2

Nama Lamongan memiliki akar sejarah yang menarik. Dalam masa lalu, terdapat seorang pemuda bernama Hadi yang dikenal sebagai Mbah Lamong oleh penduduk setempat.

Mbah Lamong ini terkenal karena kepandaiannya dalam memimpin rakyat, membangun daerah, menyebarkan ajaran Islam, dan mendapatkan cinta dari seluruh penduduk Lamongan.

Dari sebutan "Mbah Lamong" itulah, akhirnya daerah ini dikenal sebagai Lamongan.

Baca juga: Siapakah Pemain di Serial Pernikahan Dini Disney+ Hotstar? Berikut Nama, Profil Beserta Biodata Lengkap Sosial Medianya

Baca juga: Loh Sidoarjo Awalnya Masuk Wilayah Jombang? Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Delta yang Jarang Diketahui, Sejarahnya Bikin Penasaran

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr