Bukan Jakarta! Laut Tempat Tenggelamnya Kapal Van der Wijk Ada di Lamongan, Berikut Fakta Menarik dan Asal Usul Namanya

Bukan Jakarta! Laut Tempat Tenggelamnya Kapal Van der Wijk Ada di Lamongan, Berikut Fakta Menarik dan Asal Usul Namanya

daerah-irhan-prabusara/unplash-

Pecel lele 

Pecel lele Lamongan, sepotong kelezatan yang sering menggugah selera di berbagai sudut Indonesia, memiliki cerita unik di baliknya.



adv

Ternyata, di tempat asalnya, terutama di Desa Medang, Lamongan, warga setempat memiliki pantangan kuat terhadap ikan lele.

Mitos ini menyebutkan bahwa mereka yang nekat mengonsumsi lele bisa mengalami gejala gatal-gatal di seluruh tubuh, bahkan muncul bercak-bercak putih yang mirip dengan ikan lele.

Mitologi ini menyimpan berbagai versi cerita latar belakang. Salah satu versi yang terkenal adalah kisah tentang kunjungan Sunan Giri ke rumah seorang wanita di daerah Glagah, Lamongan. Saat kunjungannya, salah satu pusaka Sunan Giri ternyata tertinggal di rumah tersebut. Untuk mengambilnya, Sunan Giri mengutus Boyopatih. Namun, Boyopatih tidak diterima dengan baik oleh pemilik rumah.


mg2

Boyopatih akhirnya memutuskan untuk menyamar sebagai seekor kucing untuk mengambil pusaka yang tertinggal. Mbok Rondo, pemilik rumah, akhirnya menyadari kehadiran Boyopatih dan meneriakinya sebagai maling. Sebagai upaya untuk lolos dari kejaran penduduk setempat, Boyopatih melompat ke kolam lele dan menghilangkan jejaknya di dalamnya.

Boyopatih merasa seolah diselamatkan oleh ikan-ikan lele yang berada di kolam tersebut, dan sebagai bentuk rasa syukur, ia bersumpah untuk melarang keturunannya mengonsumsi ikan lele.

Baca juga: Siapa Dendi Syaiman? Ini Profil Hacker yang Berhasil Retas Situs Balitbang Jatim Jadi Laman Judi, Ternyata Miliki Sertifikat Cyber Security AS?

Baca juga: Michael Gambon Aktor yang Perankan Profesor Dumbledore di Harry Potter Meninggal Dunia, Apa Penyebab Kematiannya?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr