Begini Deretan Fakta Menarik Banjarmasin Kota Sang Seribu Sungai, Banyak yang Gak Tahu Ternyata Ada Kota Pusat IKN Disana

Begini Deretan Fakta Menarik Banjarmasin Kota Sang Seribu Sungai, Banyak yang Gak Tahu Ternyata Ada Kota Pusat IKN Disana

daerah-shot-ed/unplash-

RIVAL.co.id - Begini Deretan Fakta Menarik Banjarmasin Kota Sang Seribu Sungai, Banyak yang Gak Tahu Ternyata Ada Kota Pusat IKN. 

Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, adalah sebuah kota yang mempesona dengan sejarah panjang yang menghiasi wilayahnya. Selain itu, Banjarmasin juga memiliki banyak fakta menarik yang akan membuat Anda semakin ingin mengenalnya. Mari kita eksplorasi lebih dalam ke dalam pesona kota ini:



adv

Asal-Usul Kota Banjarmasin

Kisah awal Kota Banjarmasin bermula dari wilayah Kuin yang dipimpin oleh Patih Masih, seorang pemimpin dari desa Oloh Masih.

Bersama beberapa patih lain, Patih Masih mengangkat Pangeran Samudera, seorang putra dari Kerajaan Daha, untuk menjadi raja di wilayah ini. Dari sinilah berdirinya Kerajaan Banjar yang kemudian menaklukkan Muara Baan dan menjadikan sungai sebagai jalur perdagangan.


mg2

Peristiwa penting dalam sejarah ini terjadi saat Pangeran Samudera memeluk Islam dan bergelar Sultan Suriansyah pada tanggal 24 September 1526 atau 6 Dzulhijjah 932 H, yang kemudian dijadikan sebagai Hari Jadi Kota Banjarmasin.

Pernah Dikuasai Belanda

Sejarah Banjarmasin juga mencatat masa pemerintahan Belanda di wilayah ini. Perkampungan awal yang dikenal dengan nama Banjarmasih terletak di bagian utara Banjarmasin.

Pada tahun 1606, VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) atau Perusahaan Hindia Timur Belanda pertama kali tiba di Banjarmasin, yang saat itu masih terletak di muara Sungai Kuin.

Kehadiran Belanda membawa perkembangan pesat ke kota ini, dan mereka tetap berkuasa hingga pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Setelah kemerdekaan, Banjarmasin menjadi ibukota daerah Banjar yang merupakan bagian dari Republik Indonesia Serikat pada tahun 1946.

Baca juga: Loh Sidoarjo Awalnya Masuk Wilayah Jombang? Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Delta yang Jarang Diketahui, Sejarahnya Bikin Penasaran

Baca juga: Mencoba Peluang Karier! Cek Panduan Lengkap Deskripsi Pekerjaan untuk Pendaftaran PPPK Tahun 2023 dengan Rincian Detail

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr