Loh Sidoarjo Awalnya Masuk Wilayah Jombang? Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Delta yang Jarang Diketahui, Sejarahnya Bikin Penasaran

Loh Sidoarjo Awalnya Masuk Wilayah Jombang? Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Delta yang Jarang Diketahui, Sejarahnya Bikin Penasaran

daerah-aniq-danial/unplash-

Upah Minimum Kabupaten Sidoarjo 2022

Pada tahun 2022, Upah Minimum Kabupaten (UMK) Sidoarjo ditetapkan sebesar Rp 4.368.581,85. Ini merupakan kenaikan sebesar Rp 75.000 dari UMK tahun 2021 yang sebesar Rp 4.293.581,85. Penetapan UMK Sidoarjo 2022 didasarkan pada kebutuhan hidup layak di Kabupaten Sidoarjo, yang terus berubah seiring dengan waktu. Kota Bandeng dan Udang



adv

Sidoarjo sering disebut sebagai "Kota Bandeng" dan "Kota Udang." Kedua ikan ini bahkan terdapat dalam lambang Kabupaten Sidoarjo, membentuk huruf "S."

Julukan ini berasal dari fakta bahwa Sidoarjo adalah salah satu daerah utama untuk budidaya bandeng dan udang.

Selain itu, lambang Sidoarjo juga mencakup gambaran padi dan tebu, yang melambangkan hasil bumi utama di daerah ini.


mg2

Tempat Wisata di Sidoarjo

Sidoarjo memiliki banyak potensi wisata yang menarik. Beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Sidoarjo antara lain Monumen Jayandaru, Wisata Lumpur Lapindo, Gelanggang Olahraga Sidoarjo, Delta Fishing, Wisata Sungai Karanggayam, Masjid Agung Sidoarjo, Kampung Batik Jetis, Museum Mpu Tantular, Candi Dermo, Candi Mendalem, Candi Pari, Candi Sumur, dan Candi Tawangalun. Selain itu, Anda juga dapat menikmati makanan khas Sidoarjo seperti kupang lontong, sate kerang, otak-otak bandeng, ote-ote, lontong balap, kerupuk udang, bandeng asap, bandeng presto, petis, dan banyak lagi.

Baca juga: Kebijakan Baru? Ikuti Syarat Penggunaan BPJS Kesehatan Tanpa Surat Rujukan, Cara Mudah Berobat ke Rumah Sakit!

Baca juga: Michael Gambon Aktor yang Perankan Profesor Dumbledore di Harry Potter Meninggal Dunia, Apa Penyebab Kematiannya?

Tragedi Lumpur Lapindo

Pada tanggal 29 Mei 2006, Sidoarjo mengalami tragedi Lumpur Lapindo yang masih berlanjut hingga saat ini.

Lumpur panas ini muncul dari situs pengeboran gas milik PT Lapindo Brantas di sekitar sumur Banjarpanji 1. Tragedi ini menyebabkan luas wilayah yang tergenang lumpur mencapai 1.143,3 hektar, dengan ribuan rumah dan rumah ibadah yang terendam.

Banyak warga terpaksa mengungsi dan direlokasi. Namun, seiring berjalannya waktu, lokasi Lumpur Lapindo ini juga menjadi sorotan karena diduga menyimpan kandungan logam tanah jarang atau rare earth, yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Kabupaten Sidoarjo adalah tempat yang sarat dengan sejarah, budaya, dan potensi yang kaya. Selain fakta-fakta menarik di atas, Sidoarjo juga memiliki banyak hal lain yang dapat ditemukan dan dinikmati oleh pengunjung. Jadi, jika Anda berkesempatan, jangan ragu untuk menjelajahi keindahan Sidoarjo.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr