Loh Sidoarjo Awalnya Masuk Wilayah Jombang? Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Delta yang Jarang Diketahui, Sejarahnya Bikin Penasaran

Loh Sidoarjo Awalnya Masuk Wilayah Jombang? Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Delta yang Jarang Diketahui, Sejarahnya Bikin Penasaran

daerah-aniq-danial/unplash-

Hari Jadi Sidoarjo

Hari Jadi Sidoarjo diperingati pada tanggal 31 Januari dan berhubungan dengan pembagian Kabupaten Surabaya menjadi dua bagian oleh pemerintah Hindia Belanda.



adv

Awalnya, wilayah Sidoarjo disebut Sidokare dan merupakan bagian dari Kabupaten Surabaya. Namun, pada tahun 1859, Hindia Belanda memutuskan untuk memisahkan Kabupaten Surabaya menjadi Kabupaten Surabaya dan Kabupaten Sidokare.

Nama Sidokare kemudian diganti menjadi Kabupaten Sidoarjo pada tanggal 28 Mei 1859. Sejak itu, tanggal 31 Januari 1859 menjadi Hari Jadi Sidoarjo.

Pusat Pemerintahan Pernah Pindah


mg2

Selama masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, pusat pemerintahan Kabupaten Sidoarjo pernah pindah ke Jombang, Jawa Timur.

Hal ini terjadi karena masuknya tentara Belanda dan sekutu yang ingin menguasai Indonesia setelah kemerdekaan.

Belanda mulai masuk ke wilayah delta Sungai Berantas, termasuk Sidoarjo, pada Maret 1946. Mereka berhasil menduduki wilayah Gedangan, yang sekarang masuk dalam salah satu kecamatan di Sidoarjo.

Pusat pemerintahan Sidoarjo kemudian dipindahkan ke Porong, dan saat ancaman Belanda semakin mendekat, pemerintahan kabupaten itu dipindahkan lagi, kali ini ke Jombang. Namun, Sidoarjo akhirnya kembali ke pangkuan Republik Indonesia setelah kesepakatan Konferensi Meja Bundar pada akhir Desember 1949.

Baca juga: Catat Panduan Lengkap Contoh Deskripsi Mengenai Tugas dan Pekerjaan dalam Rekrutmen CPNS 2023 melalui SSCASN BKN

Baca juga: Nonton Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan (2023) Episode 13 Sub Indo, Lengkap Full Episode Bahasa Indonesia

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr