Loh Sidoarjo Awalnya Masuk Wilayah Jombang? Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Delta yang Jarang Diketahui, Sejarahnya Bikin Penasaran

Loh Sidoarjo Awalnya Masuk Wilayah Jombang? Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Delta yang Jarang Diketahui, Sejarahnya Bikin Penasaran

daerah-aniq-danial/unplash-

RIVAL.co.id - Loh Sidoarjo Awalnya Masuk Wilayah Jombang? Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Delta yang Jarang Diketahui, Sejarahnya Bikin Penasaran. 

Kabupaten Sidoarjo, salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur, memiliki banyak fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui.



adv

Pada tanggal 31 Januari, Sidoarjo merayakan Hari Jadinya dengan motto "Sidoarjo Bersih Hatinya."

Kabupaten ini juga dikenal sebagai salah satu daerah industri penting di Jawa Timur dan menjadi bagian dari Gerbangkertosusila, singkatan dari Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan.

Untuk merayakan Hari Jadi Sidoarjo pada tanggal 31 Januari 2022, mari kita telusuri tujuh fakta menarik tentang Sidoarjo yang seharusnya Anda ketahui. 


mg2

Baca juga: Dapatkan Akses Langsung ke Panduan Resmi Pendaftaran CPNS-PPPK Tahun 2023 dalam Format PDF, Klik Link Download Berikut Ini!

Baca juga: Mencoba Peluang Karier! Cek Panduan Lengkap Deskripsi Pekerjaan untuk Pendaftaran PPPK Tahun 2023 dengan Rincian Detail

Fakta Menarik Kota Sidoarjo

Pusat Kerajaan Jenggala

Sidoarjo memiliki sejarah yang kaya, karena pada masa lalu, daerah ini adalah pusat pemerintahan Kerajaan Jenggala. Kerajaan Jenggala berdiri antara tahun 1042 hingga 1135 Masehi dan bercorak Hindu-Budha.

Kerajaan ini merupakan pecahan dari Kerajaan Kahuripan yang didirikan oleh Raja Airlangga. Raja Airlangga membagi Kerajaan Kahuripan menjadi dua bagian, yaitu Kerajaan Jenggala dan Kerajaan Kadiri.

Kerajaan Jenggala menduduki bekas pusat Kerajaan Kahuripan, terletak di lembah Gunung Penanggungan, sekitar Sidoarjo, Pasuruan, dan Mojokerto, Jawa Timur.

Dalam perkembangan selanjutnya, kedua kerajaan pecahan ini terlibat dalam perang saudara yang berkepanjangan, dengan Kerajaan Kediri yang akhirnya mengungguli Kerajaan Jenggala.

Baca juga: Arti Nama Jepara yang Banyak Gak Diketahui Orang! Berasal dari Kata Ujungpara Artinya Apa Ya? Simak Fakta Menarik hingga Sejarahnya

Baca juga: Nonton Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan (2023) Episode 13 Sub Indo, Lengkap Full Episode Bahasa Indonesia

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr