Terkenal Wilayah Magis! Ternyata Ini Fakta Menarik Madura yang Pernah Jadi Negara Otonom, Gimana Sejarahnya?

Terkenal Wilayah Magis! Ternyata Ini Fakta Menarik Madura yang Pernah Jadi Negara Otonom, Gimana Sejarahnya?

daerah-madian-sidarto/unplash-

Namun, ada lebih banyak lagi yang bisa Anda temukan tentang Madura. Berikut adalah enam fakta menarik yang menggambarkan kekayaan pulau ini:

Pernah Jadi Negara



adv

Pada tahun 1948, Madura pernah menjadi "Negara Madura" yang dibentuk oleh pemimpin pemerintahan peralihan Belanda di Jawa Timur, yaitu Van der Plas.

Tujuan pembentukan negara ini adalah untuk melemahkan Republik Indonesia dan menjadikan Madura sebagai benteng pengaman bagi Negara Jawa Timur. Negara Madura memiliki bendera berwarna hijau dan putih.

Namun, eksistensinya tidak berlangsung lama, hanya selama dua tahun. Pada tahun 1950, Negara Madura dibubarkan dan bergabung kembali dengan Indonesia.


mg2

Identik dengan Menikah Muda

Di Madura, menikah muda adalah hal yang umum. Masyarakat Madura sering melakukan perkawinan pada usia yang sangat muda, bahkan sebelum mencapai usia dewasa.

Rata-rata, perempuan Madura sudah bisa dipinang ketika berusia 14 tahun, sedangkan untuk laki-laki, usia 16 tahun adalah umur yang umum untuk menikah.

Tradisi pernikahan muda ini memiliki latar belakang yang unik, seperti adanya hutang budi, perjodohan untuk mempererat hubungan keluarga yang mulai merenggang, dan ketakutan akan kesulitan menemukan pasangan hidup di masa depan.

Baca juga: Fakta Menarik Nama Salatiga Ternyata Berasal dari Kesalahan? Simak Sejarah Kota Gastronomi, Sejarahnya Pasti Gak Banyak yang Tahu

Baca juga: Arti Nama Jepara yang Banyak Gak Diketahui Orang! Berasal dari Kata Ujungpara Artinya Apa Ya? Simak Fakta Menarik hingga Sejarahnya

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr