Sejarah dan Asal Usul Nama Riau dari Berbagai Versi, Fakta Menarik Daerah Ini Juga Bikin Terkejut! Miliki Istana Kepresidenan Super Luas

Sejarah dan Asal Usul Nama Riau dari Berbagai Versi, Fakta Menarik Daerah Ini Juga Bikin Terkejut! Miliki Istana Kepresidenan Super Luas

daerah-aniq-danial/unplash-

Seiring berjalannya waktu, wilayah Kepulauan Riau menjadi bagian dari Kesultanan Johor yang terbentuk pada sekitar tahun 1520-an.

Kesultanan Johor mengintegrasikan wilayah ini sebagai bagian dari wilayah kekuasaannya, yang memberi kontribusi besar pada perkembangan Kepulauan Riau.



adv

Kemudian, ada Kesultanan Riau-Lingga yang merupakan salah satu kerajaan Islam yang berdiri di Pulau Lingga.

Kesultanan ini dibentuk pada tahun 1824 sebagai pecahan dari wilayah Kesultanan Johor, dengan pendiri utamanya adalah Sultan Abdul Rahman Muazzam Syah.

Pada masa ini, Kesultanan Riau-Lingga mencakup wilayah provinsi Kepulauan Riau saat ini, dengan pusat pemerintahannya di Pulau Lingga.


mg2

Sayangnya, Kesultanan Riau-Lingga akhirnya jatuh ke tangan pemerintah Hindia Belanda, yang memberlakukan berbagai kebijakan, termasuk penggunaan mata uang khusus.

Pemerintah Hindia Belanda, saat itu, menyebut wilayah Riau dengan nama Riouw, yang berarti wilayah yang ramai atau riuh.

Pada tahun 1922, Belanda membagi wilayah Riau menjadi empat wilayah administrasi, yaitu Tanjung Pinang, Karimun, Lingga, dan Pulau Tujuh. Wilayah ini masih menggunakan mata uangnya sendiri yang dikenal sebagai Uang Kepulauan Riau (KR).

Baca juga: INTIP Contoh Pernyataan Diri PPPK Guru 2023: Perjalanan Panjang Menuju Pendidikan Berkualitas! Mulai Pengalaman, Karir & Motivasi

Baca juga: Heboh! Paspampres Jokowi Tegur Wanita yang Ingin Berjoget dengan Presiden di Malam Apresiasi IKN, Siapa Sosoknya? Inilah Profil Lengkap Kolonel Inf Faisol Izuddin

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr