Fakta Menarik Medan Kota Terbesar Ketiga di Indonesia! Asal Usul Namanya Gak Sembarangan, Sejarah Catat Kisah Hamparan Perak

Fakta Menarik Medan Kota Terbesar Ketiga di Indonesia! Asal Usul Namanya Gak Sembarangan, Sejarah Catat Kisah Hamparan Perak

daerah-abigail-kenaan/unplash-

Secara harfiah, "Medan" berarti tempat luas untuk berkumpul, dan sejak zaman dahulu, Medan memang telah menjadi titik pertemuan bagi penduduk dari berbagai daerah, seperti Hamparan Perak, Suka Piring, dan daerah lainnya, untuk berdagang.

Ini mencerminkan peran penting kota ini dalam perdagangan dan interaksi budaya.



adv

Dalam riwayat Hamparan Perak, yang tercatat dalam huruf Karo, diceritakan bahwa seorang tokoh Karo bernama Guru Patimpus adalah orang pertama yang membuka "desa" yang diberi nama Medan.

Pada tahun 1590, Guru Patimpus Sembiring Pelawi dianggap sebagai orang yang membuka kampung pertama yang disebut Medan Puteri.

Awalnya, Medan adalah perkampungan kecil yang terletak di pertemuan Sungai Deli dan Sungai Babura, dekat dengan Jalan Putri Hijau yang sekarang.


mg2

Kedua sungai ini merupakan jalur lalu lintas yang ramai, dan hal ini menjadi awal perkembangan cepat Kota Medan menjadi pelabuhan transit yang penting.

Baca juga: Profil Duo Dangdut Hip Hop NDX A.K.A yang Berasal dari Latar Belakang Tak Biasa, Jadi Siapakah Mereka Sebenarnya?

Baca juga: Respon Netizen Tentang Pemahaman Zayyan XODIAC Soal Puasa dan Lebaran hingga Bandingkan dengan Dita: Harus Banyak Belajar!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr