Dijamin Bikin Kaget! Inilah Fakta Menarik Yogyakarta yang Belum Diketahui, Loh Gudeg Bukan Nama Makanan?

Dijamin Bikin Kaget! Inilah Fakta Menarik Yogyakarta yang Belum Diketahui, Loh Gudeg Bukan Nama Makanan?

daerah-ilya-zoria/unplash-

RIVAL.co.id - Dijamin Bikin Kaget! Inilah Fakta Menarik Yogyakarta yang Belum Diketahui, Loh Gudeg Bukan Nama Makanan?

Yogyakarta, atau yang lebih akrab disebut dengan Jogja, adalah salah satu kota istimewa yang penuh dengan budaya dan keunikan.



adv

Tetapi, di balik segala keindahannya, terdapat beberapa fakta menarik tentang Yogyakarta yang mungkin belum banyak orang tahu. Simaklah beberapa fakta unik ini:

Yogyakarta, Bukan Provinsi Biasa

Salah satu fakta paling menarik tentang Yogyakarta adalah statusnya yang unik. Meskipun terletak di wilayah NKRI, Yogyakarta bukanlah provinsi biasa.


mg2

Yogyakarta memiliki status "Daerah Istimewa" dengan otonomi khusus, setingkat dengan provinsi. Status dan keistimewaan ini diatur dalam Undang-Undang No. 3 Tahun 1950.

Jogja merupakan bagian dari wilayah kesultanan yang dipimpin oleh Sultan Hamengkubowono.

Sebelum Indonesia merdeka, Jogja terbagi menjadi dua kesultanan besar, yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang didirikan oleh Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755, dan Kadipaten Pakualam yang didirikan oleh Adipati Pakualam I pada tahun 1813.

Kedua kesultanan ini memberikan kontribusi besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan setelah merdeka, mereka memutuskan untuk bergabung dalam NKRI.

Baca juga: Catat Panduan Lengkap Contoh Deskripsi Mengenai Tugas dan Pekerjaan dalam Rekrutmen CPNS 2023 melalui SSCASN BKN

Baca juga: Arti Nama Jepara yang Banyak Gak Diketahui Orang! Berasal dari Kata Ujungpara Artinya Apa Ya? Simak Fakta Menarik hingga Sejarahnya

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr