Fakta Menarik Nama Salatiga Ternyata Berasal dari Kesalahan? Simak Sejarah Kota Gastronomi, Sejarahnya Pasti Gak Banyak yang Tahu

Fakta Menarik Nama Salatiga Ternyata Berasal dari Kesalahan? Simak Sejarah Kota Gastronomi, Sejarahnya Pasti Gak Banyak yang Tahu

daerah-raihan-aziz/unplash-

RIVAL.co.id - Fakta Menarik Nama Salatiga Ternyata Berasal dari Kesalahan? Simak Sejarah Kota Gastronomi, Sejarahnya Pasti Gak Banyak yang Tahu. 

Salatiga, kota yang terletak di antara Semarang dan Surakarta, merupakan salah satu permata Jawa Tengah yang dikenal dengan udaranya yang sejuk berkat lokasinya di lereng Gunung Merbabu.



adv

Tetapi, pernahkah Anda bertanya mengapa kota yang indah ini dinamai Salatiga?

Menurut folklore yang berkembang, penamaan Salatiga berkaitan dengan tiga kesalahan di masa lalu yang melibatkan seorang tokoh penting dalam sejarah Jawa.

Dahulu kala, daerah ini dipimpin oleh seorang bupati bernama Ki Ageng Pandan Arang, yang juga dikenal sebagai Pandanaran.


mg2

Ki Ageng Pandan Arang memiliki kebiasaan merampas harta rakyat dengan menarik pajak secara berlebihan.

Suatu hari, Ki Ageng Pandan Arang bertemu dengan seorang pak tua yang bekerja sebagai tukang rumput.

Baca juga: Arti Nama Jepara yang Banyak Gak Diketahui Orang! Berasal dari Kata Ujungpara Artinya Apa Ya? Simak Fakta Menarik hingga Sejarahnya

Baca juga: Profil Duo Dangdut Hip Hop NDX A.K.A yang Berasal dari Latar Belakang Tak Biasa, Jadi Siapakah Mereka Sebenarnya?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr