RIVAL.co.id – Perkembangan zaman menjadikan kita lebih konsumtif, terkadang sangking sibuknya banyakhal yang terlupakan. Jujur saja, kita lebih banyak menghabiskan waktu memperhatikan penampilan fisik dibandingkan kesehatan kita. Padahal, ada masalah yang lebih penting daripada hanya memamerkan penampilan fisik belaka.

Para ahli mengatakan, seseorang sebenarnya bisa mengetahui kesehatannya dari tanda-tanda yang muncul di tubuhnya. Seseorang bahkan bisa memprediksi masalah kesehatan di masa depan hanya dengan memperhatikan penampilan fisik luarnya.

Contohnya, sebuah penelitian mengatakan orang dengan perut buncit tidak hanya dikaitkan dengan penyakit jantung. Kondisi tersebut juga menjadi tanda-tanda munculnya penyakit Alzheimer di masa tuanya.

Dikutip dari The Sun, tanda-tanda fisik berikut ini menjadi peringatan adanya masalah kesehatan yang serius.

1. Bibir
Bibir kering dan kulit pecah-pecah di sudut mulut bisa menjadi tanda sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kondisi ini merupakan penyakit autoimun yang juga disebut dengan sindrom Sjogren.

2. Kuku

Kita tidak berbicara tentang kuku yang tidak terawat, tetapi masalah alami kuku yang bisa menjadi petunjuk masalah kesehatan. Kuku berbentuk sendok, terdiri dari kuku yang terlihat memanjang ke atas, bukan melengkung ke bawah, dapat dibahas dengan zat besi, anemia, penyakit jantung dan penyakit hipotiroid.

Jika kuku berwarna merah muda hanya ada di ujung dan putih di tempat lain, itu bisa menjadi tanda penyakit jantung, gagal ginjal atau jantung, atau diabetes.

3. Payudara dan Pinggul Besar

Wanita berpinggang kecil dengan payudara dan pinggul yang besar memiliki kadar asam lemak Omega-3 yang lebih tinggi.

Omega-3 telah terbukti meningkatkan pertumbuhan sel otak, seperti yang terungkap dalam penelitian terhadap 16.000 wanita oleh University of Pittsburgh di Amerika Serikat. Penelitian juga menemukan wanita dengan ciri-ciri seperti itu lebih banyak suburban.

4. Paha Kecil

Sebuah penelitian di British Medical Journal menemukan orang dengan paha kurang dari 24,5 inci memiliki risiko kematian dini yang lebih tinggi dan terserang penyakit jantung serta masalah kesehatan lainnya.

Mereka yang memiliki paha kecil mungkin memiliki massa otot yang cukup untuk mendapatkan insulin dengan baik, meningkatkan risiko diabetes dan, pada saat yang dipertanyakan, mempertimbangan penyakit jantung.

Munculnya kantung di bawah mata selalu dianggap sebagai tanda-tanda kita lelah. Namun, para ilmuwan menemukan bahwa kantung mata adalah cairan retensi dari makanan berlebihan atau yang mengandung alkohol berlebihan, yang menyebabkan kembung.

Masalah yang lebih serius juga dihadapi dengan mata kantung, termasuk masalah hipotiroid dan ginjal yang kurang aktif.

6. Lengan Besar

Penelitian telah mengungkapkan lengan atas yang lebih besar menandakan umur yang lebih panjang dan kesehatan yang lebih baik. Ilmuwan Denmark menemukan mereka yang memiliki lingkar lengan yang besar memiliki tingkat kematian yang rendah.

Alasannya adalah bahwa kalori lebih cepat dari jaringan lain, sementara sel-sel juga lebih responsif terhadap insulin. Hal ini dapat meningkatkan penyakit jantung.

7. Perut Buncit

Kelebihan lemak tubuh, sebagian besar di bagian pusar, telah membantah dengan penyusutan otak, kata para ilmuwan dari Loughborough University, Leicestershire, Inggris. Selain penyakit jantung, kondisi ini juga memiliki risiko penurunan yang lebih tinggi dan kondisi degeneratif seperti Alzheimer.

8. Tubuh Berbentuk Pir

Para ahli medis percaya bahwa tubuh berbentuk buah pir lebih rentan terhadap kanker ovarium dan endometriosis. Ini karena wanita dengan bentuk tubuh ini memerlukan estrogen dalam kadar hormon mereka. KOndisi yang dapat menyebabkan hormon sensitif dan kesehatan tiroid yang buruk

(Dream/berbagai sumber)